Jarum mesin jahit

Diposting oleh Samino on Senin, 13 Juli 2009



Jarum adalah salah satu komponen utama yang diperlukan atau digunakan dalam mesin jahit, sifatnya consumable.

Alasan yang paling utama seorang penjahit dalam memilih sebuah jarum yang akan digunakan adalah tergantung dari jenis bahan pakaiannya dan fungsinya.

Jarum itu bermacam – macam jenisnya, biasanya ditandai dengan nomor seri yang tercantum pada pembungkusnya atau jarum itu sendiri.

Untuk mesin jahit portabel, saya biasa menggunakan jarum mesin jahit dengan nomor 11, 13, 14 dan 16 (dengan kode 2020).

Tapi saya lebih sering menggunakan jarum nomor 14 karena jarum tersebut standar.

Nomor 11 bukanlah jarum terkecil tapi sudah cukup terkecil untuk sebuah mesin jahit portabel, jarum ini memiliki ujung yang lebih kecil dibandingkan dengan nomor lainnya, sehingga cocok untuk menjahit bahan yang tipis dan teksturnya rapat.

Nomor 16 bukanlah jarum terbesar tapi sudah cukup terbesar untuk sebuah mesin jahit portabel, jarum ini memiliki ujung yang lebih besar dibandingkan dengan nomor lainnya, sehingga cocok untuk menjahit bahan yang tebal dan teksturnya kurang rapat.

Ada pula jarum emas, fungsinya untuk menjahit bahan rajut (dengan kode 2045).

Jarum lainnya adalah jarum bordir (dengan kode 2001), digunakan pada mesin bordir komputer portabel, contohnya: pada mesin bordir Singer tipe Futura CE-250, Singer tipe XL-5000 dan Singer tipe XL-6000.



*Perbedaan dari bentuk lubang benang pada ketiga jarum tersebut dapat dilihat pada gambar di atas: (A) jarum emas, (B) jarum standar dan (C) jarum bordir.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Thanks for sharing.. Mencari mesin jahit obras berkualitas dengan harga murah?.. Intip koleksi produk mesin obras dari Fitinline yuk..

Posting Komentar