Contemporary Kinetic Art Di Indonesia

Diposting oleh Samino on Minggu, 02 September 2012

Contemporary Kinetic Art Di Indonesia - Mungkin anda masih asing dengan istilah kinetic art, karya seni kontemporer ini memang belum banyak dikenal di Indonesia walaupun sesungguhnya berbagai aspek 'gerak' bisa ditemukan dalam berbagai karya seniman Indonesia, khususnya dalam karya yang selama ini populer dengan sebutan instalasi.

Pameran seni kinetic pertama kali di Indonesia dilaksanakan pada tahun 1990 oleh Edwin’s Gallery – salah satu Indonesian Contemporary Art Gallery yang terletak di daerah Kemang Jakarta Selatan, tema yang diusung adalah  "Motion / Sensation: Indonesian Kinetic Art". Dan seniman Indonesia yang pertama kali memperkenalkan kinetic art ini adalah Heri Dono, Agus Suwage,  Mellas Jarsma, dan Hardiman Radjab.

Istilah kinetic art berasal dari bahasa Yunani yaitu Kinesis atau kinetikos yang berarti gerak, hal ini digunakan untuk menjelaskan karya seni kontemporer yang berhubungan dengan gerak ( movement , motion ) dalam berbagai bentuknya. Pameran kinetic art digagas dengan tujuan untuk melacak berbagai gagasan dan bentuk “gerak “ pada karya seniman Indonesia.

Dengan dipamerkannya kinetic art di Indonesia menjadi pertanda bahwa 1990 merupakan periode penting munculnya kegairahan seni dan semangat baru, terutama yang bersentuhan dengan seni pertunjukan tradisional seperti wayang , teater, dan benda sehari – hari.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar