Menciptakan Suara Sound yang Indah

Diposting oleh Samino on Senin, 01 Juni 2009

Pengenalan pemahaman sound system bagi sebuah band adalah hal yang sangat penting dan mutlak diperlukan. Dalam arti lain, sound sebuah band ibarat finger print! Sidik jari sebuah band. Sound bandmu adalah identitas bagi bandmu. Band-band yang berkualitas dan sudah mempunyai nama, langsung dikenali dari soundnya meski baru terdengar intro pembukanya saja, atau melodi awal.

Untuk mencari sound system yang tepat yang bisa menggambarkan atau mencerminkan band, bagi banyak orang terasa amat susah, hampir sama susahnya dengan meng-aransemen materi lagu itu sendiri.

Akan tetapi, sama dengan semua masalah-masalah lainnya, mengenal, mempelajari dan mencari sound system yang tepat bagi sebuah band, meski sulit, namun tetap ada pemecahannya. Dengan jalan meng –over –simplifikasi-kan (menyederhanakan), atau dipermudah pemecahan masalahnya.
Biasanya dalam kasus seperti ini, saya menganggap bahwa semua amplifier adalah sama. Meskipun dibedakan dengan banyak merk dan type, bagi saya amplifier bagaimanapun juga hanyalah pengeras suara! Sehingga untuk meramu dan mengolah sound kita hanya cukup mempelajari dan mengetahui kharakter dari:

1. tone, mid, bass untuk menghasilkan sound yang basah dan berat
2. light, treble untuk menghasilkan sound yang kering dan ringan

Berbicara masalah musik noise sebenarnya berbicara tentang suatu kondisi rekanan yg jaman dulu sangat ditabukan.. pada waktu dulu semua hasik rekaman haruslah bersih dari suara mendesis, bocor, feedback dll.. tetapi pada perkenbangannya suara2 yg ‘mengganggu’ tersebut akhirnya menjadi suatu kelaziman bahkan menjadi suatu genre musik tertentu..

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar