Konstruksi Bangunan dengan Baja Ringan Lebih Menguntungkan

Diposting oleh Samino on Minggu, 11 Oktober 2009

Penggunaan baja ringan untuk konstruksi bangunan mulai disosialisasikan di Indonesia. "Karena ringan dan tipis bahan ini cocok untuk struktur bangunan mulai dari rangka lantai, rangka dinding penahan beban, rangka partisi, rangka plafon dan kuda-kuda," kata R&D Engineer PT Jaindo Metal Indonesia (JMI), Ir. Revi Renensiva MT, di Jakarta.

Penggunaan baja ringan ini juga dinilai lebih efisien & ekonomis dibanding bahan baja, bata, kayu dan beton. Beton & bata berstruktur memang kokoh sebagai penahan struktur, namun bobotnya sangat berat. Sementara teknologi kayu untuk bahan stuktur di Indonesia belum berkembang. Sehingga penggunaan bahan ini tidak awet, mudah lapuk dan dimakan rayap.

"Dari sisi harga kayu memang lebih murah 20-30% dibanding baja ringan. Namun dalam jangka panjang dan perawatannya, baja ringan jauh lebih ekonomis, tutur Revi. Lagi pula waktu pengerjaan konstruksi baja ringan jauh lebih singkat dan tenaga kerja yang dibutuhkan lebih sedikit, sehingga dapat menghemat biaya proyek. (Ekonomi Neraca)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar