Perumahan Murah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Diposting oleh Samino on Rabu, 12 Juni 2013

Perumahan Murah Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Pemerintah bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha di bidang property untuk menyediakan perumahan murah bagi masyarakat kurang mampu. Mengingat rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia, dengan kenyataan harga perumahan murah yang semakin hari semakin melambung.

Hal ini tak lain suatu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan suatu keluarga,  karena ini bukanlah persoalan yang sederhana. Ada berbagai macam kendala dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga, bahkan lebih banyak mempunyai muatan kualitatif yang selalu muncul, baik yang bersumber dari faktor eksternal ataupun internal institusi keluarga itu sendiri. Karena adanya keterbatasan yang ada dalam individu anggota keluarga dalam berbagai pandangannyanya, serta semakin minimnya akses dan kemampuan mereka untuk menguasai sumberdaya yang ada di lingkungannya, ini merupakan faktor yang harus diperhitungkan juga. Bagaimana kondisi geografisnya sosial dan kultural yang melingkupi kehidupan keluarga di mana keluarga itu tinggal juga sangat berpengaruh terhadap penilaiannya mengenai kesejahteraan keluarga.

Istilah kesejahteraan sosial tidak merujuk pada suatu kondisi yang tetap. Hal ini dapat berubah-ubah karena ukuran sejahtera atau tidak sejahtera kadang-kadang berbeda antara satu ahli dengan ahli lainnya. Pada umumnya, orang kaya dan segala kebutuhannya tercukupi dengan rumah mewahnya itulah yang disebut orang yang sejahtera. Namun demikian, di lain pihak orang miskin dan segala kebutuhannya tidak terpenuhi kadang juga dianggap justru lebih bahagia karena tidak memiliki masalah yang pelik sebagaimana umumnya orang kaya. Artinya, kondisi sejahtera dari seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat disesuaikan dengan sudut pandang yang dipakai. Dalam batas ini kesejahteraan sosial sangat sulit untuk didefinisikan. Meski begitu, bukan berarti kesejahteraan sosial tidak dapat didefinisikan. Perumahan murah umumnya identik dengan masyarakat bertaraf perekonomian menengah kebawah, tetapi jangan salah. Banyak juga orang-orang yang memiliki perekonomian menengah keatas tertarik dengan harga perumahan yang relatif murah untuk investasi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar