Mengatasi Notebook Panas Karena Kipas Kotor

Diposting oleh Samino on Selasa, 24 November 2009

Setelah pemakaian normal di lingkungan rumah atau kantor, ternyata kipas notebook kita dengan cepat mengumpulkan debu. Jadi jangan heran kalau setelah pemakaian cukup lama suhu notebook anda naik, dan kipas notebook anda berjalan terus menerus. Baterai pun tidak bisa bertahan selama aslinya. Apa yang mesti dilakukan?

  1. Bongkar bagian bawah notebook

  2. Lepaskan kipas dan heatsink

  3. Lepaskan bagian atas unit kipas dari heatsink

  4. Lepaskan bagian bawah unit kipas dari heatsink

  5. Debu dan kotoran terlihat jelas di kisi kisi heatsink

  6. Kisi kisi disikat sambil disiram air dan keringkan

  7. Rangkaian kipas ditiup udara ( tidak boleh basah )


Bagaimana hasilnya?

Notebook diatas berjalan lebih dingin setelah pembersihan. Kipas / fan tidak lagi sering bertiup. Menyenangkan.

Siapa yang bisa melakuan ini?

Pekerjaan ini bisa dikerjakan oleh Service notebook kita bila notebook kita masih dalam masa garansi, atau dilakukan oleh kita sendiri diluar masa garansi. Bila kita tidak terlalu paham, maka bisa minta bantuan teman yang paham, atau toko service notebook dan komputer.

Sesering apa ini harus dilakukan?

Jika meja tempat kita meletakan notebook berdebu maka kipas akan dengan cepat pula menghisap debu dan kotoran. Dengan pemakaian notebook yang cukup sering, maka paling tidak pembersihan bisa dilakukan 1 tahun sekali.

Apakah ini jasa yang termasuk dalam garansi notebook kita?

Mungkin. Bisa kita tanyakan ke masing masing service notebook kita. Jika tidak termasukpun, mestinya jasa ini seharga maksimum ongkos inspeksi notebook.

Harap diperhatikan bahwa belum semua service notebook center sejauh ini merasa perlu menyediakan jasa ini. Tambah.info sendiri mengalami bahwa jasa ini adalah termasuk "spesial". Notebook yang difoto diatas telah dipakai selama 9 bulan dengan intensif. Silakan lihat sendiri kotoran yang terkumpul. Tidakkah kita merasa perlu membersihkannya? Karenanya jelaskanlah ini ke staff service notebook center kita dengan baik. Saya yakin mereka akan mengerti dan membantu.

Apakah kipas kotor penyebab semua notebook overheat?

Tidak. Pemasangan heatsink yang tidak benar, kipas yang aus, dan aplikasi berat yang membebani prosessor, grafik, dan hard disk semuanya akan menyebabkan suhu notebook meningkat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar